VISI & MISI

VISI DAN MISI JURUSAN

  1. VISI

Menjadi Program Studi yang Unggul di bidang Teknik Pengolahan Migas dan Produk Migas serta Energi Baru Terbarukan di Kalimantan pada Tahun 2025.

  • MISI

Untuk mewujudkan visi dan sejalan dengan realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka ditetapkan Misi Program Studi Teknik Pengolahan Migas sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan manajemen pendidikan dan pengajaran di bidang Teknik Pengolahan Migas yang berlandaskan kompetensi secara efektif dan efisien.
  2. Menyelenggarakan kurikulum yang relevan dengan bidang keilmuan Teknik Pengolahan Migas dan Energi Baru Terbarukan yang didukung oleh substansi moral, jiwa kewirausahaan dan profesionalisme.
  3. Menyelenggarakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses pengolahan migas melalui penelitian sesuai dengan kebutuhan pengembangan Teknologi Pengolahan Migas dan Produk Migas serta Energi Baru Terbarukan.
  4. Memanfaatkan dan menyelenggarakan ipteks yang relevan pada industri Pengolahan Migas dan Produk Migas serta Energi Baru Terbarukan.
  5. Menyelenggarakan kerjasama di bidang Teknik Pengolahan Migas.
  6. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Bidang Teknik Pengolahan Migas
  1. KURIKULUM

Kurikulum pendidikan program studi teknik pengolahan migas selalu disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kebutuhan pasar kerja. Paling lama setiap 5 tahun Kurkulum program studi  Teknik pengolahan migas akan ditinjau ulang.

Berbagai kompetensi yang diperlukan sebagai penyandang Ahli Madya (A.Md) tersebut akan diperoleh melalui kegiatan-kegiatan akademik yang meliputi : kuliah, praktikum, penelitian, kerja praktek (KP) dan tugas akhir (TA). Mata kuliah inti yang menjadi penunjang utama kompetensi lulusan antara lain pengolahan migas, utilities, kimia migas, peralatan pengolahan migas, operasi teknik, pengendalian proses dan dasar instrumentasi, ,konservasi energi, petrokimia dan storage & handling. Disamping harus menyelesaikan berbagai kegiatan akademik tersebut, untuk mendapatkan sertifikat kelulusan (yudisium) mahasiswa juga harus memenuhi berbagai persyaratan penunjang seperti kemampuan bahasa Inggrisa dan sebagainya. Seluruh kegiatan akademik tersebut dirancang menjadi program pendidikan D3 teknik pengolahan migas yang terdiri dari 6 semestter. Kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum  Teknik Pengolahan Migas tahun 2016. Mata kuliah inti  bagi mahasiswa program studi  Teknik pengolahan migas adalah