Kunjungan ke Industri Sambil Belajar

0 Comments

Mahasiswa D3 Teknik Pengolahan Migas KKL ke PT. KPI dan PT. Badak LNG

BALIKPAPAN- Mahasiswa D3 Teknik Pengolahan Migas (TPM) dari Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan melakukan kunjungan industri ke Bontang. 68 mahasiswa tersebut melakukan kunjungan ke PT Pupuk Kaltim pada tanggal 28 Januari 2020. Dilanjutkan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke PT Kaltim Parna Industri (KPI) pada 29 Januari 2020 dan PT. Badak LNG 30 Januari 2020.


Wakil Ketua II STT Migas Balikpapan Selvia Sarungu S.T., M.T. didampingi Junety Monde S.T., M.T. mengatakan, seluruh mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar langsung dengan para praktisi. Mulai dari proses pembuatan Amoniak (NH3), jenis peralatan pengolahan gas yang digunakan, unit penunjang

pengolahan gas seperti unit CO2 removal serta unit utilities dan unit lainnya di KPI. Dan dilanjutkan dengan kegiatan Plant Tour dengan melihat secara langsung berbagai peralatan yang digunakan, baik dalam proses pengolahan gas, alur proses pengolahan serta tahap penyimpanan di tangki bahkan sampai pada proses pengapalan.


“Kemudian kunjungan dilanjutkan ke bagian control room, dimana mahasiswa dapat melihat secara langsung di layar monitor operator, kondisi proses pengolahan yang sedang berlangsung di industri,” kata Selvi sapaan akrab Selvia Sarungu, Minggu (2/2).
Keesokan harinya, kegiatan dilanjutkan menuju PT Badak LNG. Di sana mereka lagi – lagi mendapatkan kesempatan untuk belajar secara langsung bersama praktisi tentang proses likuifikasi gas alam. Tentang proses pengolahan gas alam (natural gas) menjadi LNG, mulai dari materi Supply Chain LNG , Natural Gas Nomenclature, Natural Gas

Purification hingga Liquefaction Fundamental dan ditutup dengan Badak LNG Process Flow Diagram. Usai presentasi dan diskusi yang dilaksanakan di gedung Learning Centre, mahasiswa diarahkan untuk melihat secara langsung proses pengolahan gas alam menjadi LNG mulai dari feed sampai proses loading ke kapal.


“Kami berharap, setelah mengikuti kegiatan KKL dapat meningkatkan semangat belajar. karena materi yang dipelajari di bangku kuliah sangat aplikatif di industri. Sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik. Agar

dikemudian hari bisa berkarier dibidang yang sesuai dengan bidang ilmu di bangku kuliah dalam hal industri migas dan industri petrokimia,” pungkasnya. (ami)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *